Pages

Banner 468 x 60px

 

Kamis, 08 November 2018

Kesempatan Berkarir di Jepang ,Pemerintah Jepang membutuhkan kurang lebih 500 Tenaga Perawat Pertahun

1 komentar




Kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Jepang terjalin dengan baik dibuktikan dengan adanya kerjasama program pemagangan pekerja imigran Indonesia di Jepang yang memperoleh pendapatan besar.

Jakarta - Kementerian Ketenagakerjaan menilai kerja sama dengan Jepang sangat menjanjikan. Hal itu didasari program pemagangan pekerja imigran Indonesia di Jepang yang memperoleh pendapatan besar.

"Pekerja migran Indonesia yang bekerja sebagai perawat apabila mereka telah lulus ujian perawat bisa memperoleh pendapatan bulanan sekitar 280 ribu yen (setara 35 juta)," ungkap Direktur Pengembangan Pasar Kerja Kementerian Ketenagakerjaan, Roostiawati, dalam keterangan tertulis, Senin (5/11/2018)


Roostiawati yang melakukan kunjungan kerja Tim Pengawas Pekerja Migran Indonesia di Tokyo, Jepang itu menjelaskan perawat yang telah lulus ujian nasional Jepang (registered nurse Jepang) bisa bekerja di Jepang sampai dengan pensiun dan diizinkan membawa keluarganya.

"Skema ini merupakan kerja sama antar pemerintah sehingga risiko kerja amat minim. Kerja sama yang tertuang dalam Economic Partnership Agreement (IJ-EPA) telah berlangsung selama 10 tahun," ujar Roostiawati.


Pemerintah Jepang, lanjut Roostiawati, membutuhkan setidaknya sekitar 500 orang Caregiver (di Jepang disebut Kaigofukushishi) setiap tahunnya.

Kebutuhan itu sulit dipenuhi dari pasar tenaga kerja di dalam negeri Jepang sendiri dengan populasi lanjut usia di sana yang sangat besar, yakni penduduk usia di atas 100 tahun jumlahnya sudah mencapai 15 ribu orang.

Direktur Pemagangan Kemnaker, Asep Gunawan, menegaskan bahwa siswa pemagangan yang berada di Jepang bukan bagian dari pekerja migran Indonesia.

"Syarat mengikuti pemagangan di Jepang cukup mudah, lulusan SMK bisa, namun harus dibedakan antara pekerja Migran Indonesia dengan pemagangan," terang Asep.

Asep menjelaskan bahwa skema pemagangan mewajibkan siswa kembali ke Indonesia. Perkara dia kembali lagi ke Jepang dan menjadi pekerja migran Indonesia setelah lulus, hal itu persoalan lain.

"Penyelenggaraan pemagangan ke Jepang oleh Kemnaker telah berlangsung sejak 1993, dan melalui program ini telah diberangkatkan sebanyak 73.990 orang peserta," jelas Asep.

Sementara itu, permintaan magang untuk care workers di Jepang diperkirakan mencapai 550 ribu orang sampai dengan 2025. (mul/ega)

 (dikutip dari detik.com Senin, 05 Nov 2018 21:35 WIB) https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4288890/peluang-kerja-di-jepang-menjanjikan-perawat-ri-digaji-rp-35-juta?_ga=2.125508938.1399894374.1541662982-1081216585.1541662982

1 komentar:

odronjabare mengatakan...

Mohegan Sun Pocono - KTRH
Mohegan 경주 출장샵 Sun 양주 출장마사지 Pocono is the flagship 파주 출장안마 casino in the Northeast in Wilkes-Barre, PA. It 광주광역 출장마사지 is owned and operated by the 김제 출장샵 Mohegan Tribe of Indians

Posting Komentar

Kesempatan Berkarir di Jepang ,Pemerintah Jepang membutuhkan kurang lebih 500 Tenaga Perawat Pertahun

Kerjasama Pemerintah Indonesia dengan Jepang terjalin dengan baik dibuktikan dengan adanya kerjasama program pemagangan pekerja imigra...